Investor Daily, JAKARTA, 2 Desember 2011. PT Pakuwon Jati Tbk mengembangkan empat menara apartemen Education City di Surabaya Jawa Timur dengan investasi sekitar Rp500 miliar. Proyek tersebut sudah memasuki tahap pemancangan tiang perdana groundbreaking pada November 2011.

Direktur Pakuwon Minarto Basuki mengatakan pengembangan Education City menjadi bagian dalam superblock Pakuwon City yang terbesar di Surabaya Education City berlokasi di dalam kawasan Education Park di Pakuwon City. Ini adalah kawasan khusus untuk mendukung kegiatan sekolah dengan hadirnya institusi mulai dari SD hingga perguruan tinggi, ujar Minarto kepada Investor Daily di Jakarta Kamis (1/12).

Minarto menuturkan Education City dikonsep mirip dengan tempat indekos namun dengan kenyamanan sebuah apartemen beserta fasilitasnya. Hunian vertikal ini membidik kalangan mahasiswa dan anak sekolah sebagai pembeli unit apartemen. Ada dua tipe studio yakni ukuran 21 dan 36 m2 Harganya berkisar Rp 8 – 9 juta per m2 jelas dia.

Dengan asumsi harga jual dikalikan ukuran unit dan total unit apartemen proyek Educity tersebut menelan investasi sekitar Rp 500 miliar. Dana tersebut berasal dari kas internal perusahaan. Investasi sebenarnya masih kami hitung sebab proyek ini digarap bertahap dengan menjual tower satu per satu ungkapnya.

Education City berdiri di atas lahan seluas 2,3 hektare (ha) dan akan dikerjakan secara bertahap hingga 2013. Apartemen khusus pelajar dan mahasiswa ini memiliki kapasitas total 2.800 unit. Kami sudah memasarkan menara tahap satu sejak September 2011. Saat ini sudah terjual lebih dari 50% sehingga proses ground breaking sudah dilaksanakan, papar Minarto.

Beberapa institusi pendidikan yang berada di kawasan Education Park antara lain Universitas Widya Mandala, Sekolah Internasional Cita Hati, Sekolah Nasional Plus Gloria Sekolah TriIingual Xin Zhong dan Sekolah AL Azhar. Permintaan hunian cukup tinggi dari sekolah dan universitas tersebut, tegas dia.

Pakuwon Jati merupakan pengembang yang besar di Surabaya dan sukses merambah Jakarta. Perseroan menjadi pelopor superblok di Indonesia dengan membangun superblok Tunjungan City pada 1996 dan dilanjutkan dengan superblok Pakuwon City. Pakuwon mengkhususkan bisnis pada seluruh subsektor properti seperti akusisi lahan, desain, pengelolaan proyek, serta membangun pusat ritel, perkantoran, perumahan, apartemen dan perhotelan.

Kasablanka

Pada 2007 perseroan merambah Jakarta dengan mengakuisisi 83,3% saham PT Artisan Wahyu pengembang Gandaria City Superblok. Gandaria City yang rampung pada Agustus 2010 semakin mengukuhkan posisi Pakuwon di Ibu Kota.

Pakuwon juga mengakuisisi 99,99% saham PT Elite Prima Hutama (EPH) pengembang superblok Kota Kasablanka.

Kota Kasablanka akan menyelesaikan proyek tahap satu dengan membuka Mal Kota Kasablanka pada 2012. Kami sudah menggandeng 12 anchor tenant diantaranya Carrefour, Ace Hardware, Celebrity Fitness dan lainnya, kata Direktur Ritel Pakuwon, Stefanus Ridwan.

Selain itu lanjut Stefanus, adalah dua gedung perkantoran 88 Kasablanka dengan sertifikasi ramah lingkungan dari Greenmark di Singapura. Perkantoran mi juga akan beroperasi 2012. Kondominium Casa Grande ada empat menara dengan dua menara sudah serah terima November 2011 dan dua menara lagi siap deliver pertengahan 2012, tandas Stefanus.