News

Indonesia International Motor Show

Pameran otomotif tahunan Indonesia International Motor Show akan digelar di Surabaya, Jawa Timur, dengan konsep hibrida. Pameran dalam jaringan atau secara online berlangsung dalam kurun 1-21 November 2021. Adapun pameran yang bisa dihadiri pengunjung secara terbatas diadakan pada 3-7 November 2021 di pusat belanja Grand City Convention & Exhibition.

Indonesia International Motor Show (IIMS) adalah pameran otomotif tahunan yang diadakan PT Dyandra Promosindo. Serangan pandemi sejak Maret 2020 membuat ekshibisi terbesar otomotif di Nusantara ini tidak diadakan pada tahun tersebut.

Adapun tahun ini, seri atau rangkaian IIMS kembali diadakan dengan dimulai di JI Expo Kemayoran, Jakarta, 15-25 April 2021. Sementara di Surabaya, pada 21-25 April 2021, telah diadakan Road to IIMS Surabaya di Chameleon Hall Tunjungan Plaza 6 sebagai pemanasan.

Dalam jumpa pers kesiapan IIMS di Surabaya, General Manager PT Dyandra Promosindo Tofani Lazuardi mengatakan, IIMS Surabaya adalah bagian dari rangkaian pameran besar. Setelah Jakarta dan Surabaya, IIMS akan digelar di Celebes Convention Center, Makassar, Sulawesi Selatan, 1-5 Desember 2021. ”IIMS Surabaya melanjutkan program road sebelumnya yang berskala terbatas beberapa bulan lalu,” ujarnya.

Tenaga pemasaran Mercedes Benz di antara sejumlah tenaga pemasaran berbagai merek mobil yang mengikuti pameran International Indonesia Motor Show 2018 7-11 November di Grand City Surabaya.

Tofani mengatakan, IIMS Surabaya digelar masih selaras dengan program relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) kendaraan. Pemerintah mengendurkan PPnBM sampai dengan akhir Desember nanti.

Dari pameran sebelumnya, relaksasi disambut cukup positif oleh masyarakat meski situasi ekonomi masih dalam tantangan besar karena pukulan pandemi Covid-19. Di sisi lain, situasi pandemi Covid-19 menurun dan akhir-akhir ini jumlah kasus telah melandai.

Dyandra telah berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 untuk mengadakan acara besar. IIMS pada prinsipnya bisa diadakan tetapi harus memperhatikan protokol kesehatan. Konsekuensinya, pameran berlangsung hibrida atau campuran online dan offline dan adaptasi jenis acara.

”IIMS disambut positif oleh industri otomotif dengan harapan dapat melanjutkan pemulihan ekonomi di Surabaya dan Jatim secara umum,” kata Tofani.

Pameran menghadirkan setidaknya 20 pemegang merek mobil, sepeda motor, dan industri pendukung dengan harapan kembali memacu bisnis industri otomotif sekaligus memenuhi kebutuhan pecinta kendaraan di Surabaya dan Jatim.

Close